30 September 2007

Artikel Ramadhan Q

Simak Yawh....
1. Kalo syetan di tahan selama ramadhan, lalu siapa yg menggoda puasa kita ?
2. Kalo kita sengaja gak baca do'a waktu makan pas buaka puasa, apa syetan juga ikut makan makanan kita ?
3. Kok banyak orang-orang islam yg gak puasa ? siapa yg nyuruh mereka nggak puasa ? masa' syetan juga ?
answer….
Kayaknya ada kesalahan deh dalam kita memahami "peran" dan "fungsi" syetanSyetan itu seperti katalis dalam proses kimia, dia mempercepat berlangsungnya proses, namun tidak larut dalam proses itu.Syetan menggoda manusia, karena manusia yang digoda memang pada asasnya memiliki potensi untuk berbuat maksiat. (cek QS: Asy-syams). Jadi....berbuat taqwa atau fujur pada awalnya memang murni pilihan manusia sendiri. Syetan hanya menjadi katalis agar kita memilih perbuatan fujur sebagai amal kita.Syetan sendiri di akhirat kelak akan berlepas tangan koq!!!

tidak hanya pas buka puasa saja tetapi setiap kita makan apabila kita tidak berdoa makan makan kita ditemani oleh syaitan syang karena kita banyak dosa tidak mampu dan ndak bisa neleihat syetan kecuali syetan kepala hitam alias manusia yg berbuat seperti perbuatan syaiton.

Diantara hadits yang populer di bulan romadhon, adalah tentang Romadhan yang penuh berkah yang disana dibuka pintu surga, ditutup pintu neraka, dan setan2 dibelenggu.Saya rasa hadits itu hanya menunjukkan tentang keutamaan ramadhan.Yang saya pahami dari hadits ini, itu hanya kiasan yang menunjukkan bahwa ibadah2 pada bulan ramadhan pahalanya dilipat gandakan jika dibanding dengan bulan2 lain. Selain itu lebih banyak lagi jenis amalan yang dilakukan selama ramadhan. Terbelenggunya setan itu bukan karena "bulannya", tapi disebabkan ibadah seseorangnya!!!